15 Penyebab Traffic Blog Turun Drastis yang Wajib Diketahui Blogger

15 Penyebab Traffic Blog Turun Drastis yang Wajib Diketahui Blogger

Penyebab Traffic Blog Turun Drastis – Traffic (kunjungan) sebuah blog menjadi tanda sukses tidaknya blog yang kamu kelola. Semakin tinggi traffic di sebuah blog, maka akan semakin baik kredibilitasnya. Namun, apa yang terjadi jika traffic blog mengalami penurunan secara drastis? Hal inilah yang tidak ingin dialami oleh para blogger.

Tinggi rendahnya traffic di sebuah blog di pengeruhi oleh 2 faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Namun jika trafficnya mengalami penurunan secara drastis dan tiba-tiba, kemungkinan ada penyebab dibalik itu semua. Berikut 15 penyebab traffic blog turun drastis.


15 Penyebab Traffic Blog Turun Drastis

1. Terkena Penalty Google Sandbox

Penyebab trafik blog turun secara drastis yang pertama adalah adanya penalty dari Google. Sebuah blog atau situs akan terkena penalty Google apabila ia tidak mematuhi segala kebijakan yang dibuat Google. Adanya panduan dari Google Webmaster Guideline memang harus dipahami secara betul oleh para blogger yang tidak mau situsnya terkenal penalty.

2. Korban Copy Paste

Inilah yang terkadang dialami oleh para blogger, kerja keras mereka dalam membuat dan menulis artikel ternyata sia-sia. Artikel yang sudah dikerjakan dengan susah payah justru mendapatkan copy paste dari pihak lain yang kurang bertanggung jawab. Lebih parahnya lagi mereka tidak menyebatkan sumber atau link pada artikel yang dicopasnya.


3.Keyword Tidak Mampu Bersaing

Semakin banyaknya persaingan dalam dunia blogging, tentu akan semakin ketat persaingan keyword di mesin pencarian. Jika keyword yang kamu gunakan mampu disaingi oleh kompetitor blog lain, maka peringkat keyword juga akan menurun. Itulah yang terkadang menjadi penyebab traffic blog turun drastis.

4. Backlink Blog Turun

Penyebab traffic blog turn drastis yag berikutnya terjadi apabila kondisi backling mengalami penurunan alias berkurang. Bukan rahasia lagi jika penggunaan backlink mampu meningkatkan kredibilitas suatu blog. Semakin banyak backlink berkualitas pada sebuah blog, maka akan semakin baik blog diperingkat SERP.

5. Pengupdetan Artikel yang Tidak Teratur

Sebuah blog yang melakukan pengupdatan secara rutin setiap hari akan lebih baik dari blog yang melakukan update dalam jumlah banyak namun dilakukan secara serentak. Rutinitas pengupdetan juga sangat berpengaruh pada tinggi rendahnya traffic suatu blog.

Jadi untuk kamu para blogger sangat penting sekali dalam melakukan apdate artikel secara rutin setiap hari. Hal ini selain dapat meningkatkan traffik blog, juga baik di mata Google. Jadi sangat dianjurkan sekali.

Selain Penyebab Traffic Blog Turun Drastis Diatas, Berikut Penyebab Lain yang Wajib Blogger Ketahui.

6. Sering Mengganti Template
7. Mengubah Trend
8. Tambahan Widget (Iklan) yang Terlalu Banyak
9. Banyaknya Link Eksternal
10. Spam yang Terlalu Banyak di Kolom Komentar
11. Pembuatan Artikel Hasil Copy Paste
12. Adanya Perubahan SERP yang Dilakukan Google
13. Optimasi SEO yang Berlebihan
14. Domain Blog yang Di ganti
15. Faktor Blog Gone (bencana alam, musim hari raya, dsb).

Jika diperhatikan ada banyak sekali penyebab traffic blog mengalami penurunan secara drastis. Bagi para blogger hal ini harus dipahami secara betul agar blog mereka tidak mengalami hal yang tidak diinginkan. Memiliki blog yang ramai akan pengunjung tentu menjadi harapan bagi setiap blogger, namun apa yang terjadi terkadang membuat traffic mereka turun secara tiba-tiba.
Baca juga: Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Secara Signifikan

Itulah 15 penyebab traffic blog turun drastis. Bagi para blogger yang tidak ingin mengalami kejadian seperti ini, maka perhatikan secara betul apa saja yang menjadi penyebab traffic dapat turun sewaktu-waktu. Ulasan ini semoga bisa menjadi bahan referensi terbaik untuk para blogger.

Berlangganan Informasi Terbaru Secara Gratis:

2 Responses to "15 Penyebab Traffic Blog Turun Drastis yang Wajib Diketahui Blogger"

  1. Bnyak sebab trnyata ya smpe visitor trun drastis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas makanya kita harus hati -hati.

      Hapus