Blog Sering Lemot? Inilah 12 Cara Mempercepat Loading Blog dengan Mudah

Cara Mempercepat Loading Blog dengan Mudah- Jika anda membuka suatu halaman di internet baik website maupun blog, tentu anda akan nyaman jika selama berselancar aman-aman saja. Namun, apa jadinya jika anda sering mendapati kondisi blog yang berat untuk diakses ? Tidak sedikit blog yang ketika kita buka malah terjadi loading yang lama. Agar hal ini juga tidak terjadi pada blog yang anda kelola, anda bisa menyimak tips cara mempercepat loading blog.

Cara Mempercepat Loading Blog dengan Mudah

Perlu anda ketahui bahwa loading blog adalah faktor dari 200+ google faktor yang bisa mempengaruhi posisi halaman situs pada SERP. Mudahnya, blog anda bisa cepat diketemukan pada hasil pencarian di google. Sayangnya bagi blogger pemula hanya fokus pada tampilan blog yang tidak jarang  justru membuat berat akses blog. Kali ini, anda bisa menggunakan beberapa cara seperti:

1. Gunakan Template yang Ringan

Sebelumnya, beberapa cara ini diluar dari faktor koneksi internet. Anda bisa memastikan kecepatan blog menggunakan tools seperti Gtmetrix dan Google PageSpeed Insight. Gunakan template yang ringan karena anda tidak perlu lagi melakukan kompres javascript ata css blog secara manual. Tempat template rekomendasi ada di sugeng.id, kompiajaib.com atau arlinadzn.com.

2. Perkecil Ukuran Gambar Sebelum Upload

Jika anda sudah menggunakan template yang ringan namun loading blog masih terasa berat, hal ini bisa dikarenakan blog terlalu banyak memuat gambar dengan ukuran yang besar. Anda bisa membiasakan memperkecil ukuran gambar terlebih dahulu sebelum upload. Size gambar yang ideal untuk diupload adalah antara 90 sampai 200kb berformat JPG, PNG atau GIF.

3. Maksimalkan Widget Blog

Cara mempercepat loading blog anda selanjutnya adalah memaksimalkan widget. Namun, bukan berarti anda bisa memasang banyak widget. Maksudnya adalah maksimalkan fungsi dan kegunaannya. Misalnya jika anda mengelola blog berita, tutorial, panduan, anda cukup menyediakan widget popular, random dan post terbaru.

4. Pasang Iklan Sewajarnya

Setiap pilihan yang anda tentukan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika anda memasang banyak iklan memang kemungkinan mereka akan mengklik banyak dan anda mendapat banyak komisi. Namun disisi lain, blog anda menjadi berat. Anda bisa mengurangi atau memasang iklan sewajarnya agar blog lebih ringan.

5. Jangan Salah Pilih Hosting

Untuk calon pengguna wordpress, perhatikan poin yang berikut. Hosting adalah salah satu faktor penting yang bisa berpengaruh pada kecepatan loading blog. Ketika anda salah memilih penyedia hosting, tentu akan mendapat masalah loading blog. Baca terlebih dahulu review penyedia hosting.


6. Eksternal Link

Link yang ada di blog anda dan mengarah ke website orang lain adalah eksternal link. Ketika semua link terload, pengunjung akan membuka web yang tampil seperti yang tampil di layar monitor. Sebaiknya, anda tidak menggunakan terlalu banyak eksternal link agar blog lebih ringan.

7. Server

Dalam hal server, anda bisa mengoptimasi dengan memilih tempat yang bagus dalam hal support dan kemudahan optimasi server. Anda bisa mulai melakukan optimasi dan mengusahakan mengubah web anda ke maintenance mode. Ini dilakukan agar tidak mengganggu para pengunjung blog anda.


8.Cache Browser

Manfaatkan cache browser anda untuk memangkas loading file yang sering dimuat seperti CSS, JS dan gambar. Langkah ini memiliki cara kerja di kunjungan pertama browser, klien akan meload konten dari server lalu menyimpan dalam cache browser. Dengan penyimpanan ini maka kunjungan berikutnya browser tidak akan meminta konten ke server, tetapi akan meload dalam cache browser.

9. Plugin W3TC (W3 Total Cache) – WordPress
10. Keep Alive
11. Gzip Compression
12. CDN

Ada masalah maka ada solusinya. Jika anda merasa blog anda terlalu berat dan ingin membuat pengunjung semakin nyaman, tidak ada salahnya melakukan beberapa cara diatas. Semoga ulasan mengenai cara mempercepat loading blog bisa membantu anda. Selamat mencoba !

Berlangganan Informasi Terbaru Secara Gratis:

0 Response to "Blog Sering Lemot? Inilah 12 Cara Mempercepat Loading Blog dengan Mudah"

Posting Komentar