Inilah 4 Cara Menentukan Keyword Blog untuk Blogger Pemula

Cara Menentukan Keyword Blog untuk Blogger Pemula
Cara Menentukan Keyword Blog - Memilih atau menentukan keyword blog yang tepat memegang peranan penting dalam pembuatan blog. Jika Anda salah memilih keyword, maka jangan heran jika blog Anda sepi pengunjung.



Biasanya pengunjung sepi akan berbanding lurus dengan kemalasan ngeblog. Jika sudah malas ngeblog kemungkinan besar akan berhenti ngeblog. Dari tuntutan kejadian diatas, dapat disimpulkan bahwa pemilihan dan penentuan keyword memegang peranan penting kelangsungan blog Anda ke depannya.


1. Mencari Benih Keyword

Hal pertama yang yang perlu dilakukan adalah mencari benih keyword yang berhubungan dengan topik yang akan Anda bahas. Benih keyword disini maksudnya adalah keyword yang akan Anda pakai untuk menemukan keyword-keyword lainnya atau lebih sering disebut keyword turunan. Sebagai contoh jika topik blog Anda tentang masakan, maka benih keywordnya bisa seperti rendang, soto, rawon, lalapan dan lain sebagainya.

2. Menggunakan Long Tail Keyword

Long tail keyword adalah keyword dengan tiga kata atau lebih dan biasanya lebih spesifik. Jika Anda sudah menemukan benih keyword, saatnya sekarang gunakan benih-benih tersebut untuk menemukan keyword turunan.

Caranya sangat mudah cukup pergi ke UberSuggest dan masukkan kata kunci apa saja yang berhubungan dengan topik blog Anda. Setelah klik “Suggest” maka akan muncul daftar keyword yang berkaitan dengan topik Anda.

Sebagai contoh, benih keyword yang Anda pilih adalah “Rendang”, maka ketikkan “Rendang” di UberSuggest. Setelah klik “Suggest” akan muncul beberapa keyword turunan yang diurutkan sesuai abjad.

Dari hasil “Rendang” di UberSuggest akan muncul keyword turunan berupa “Rendang Ayam”, “Rendang Daging”, “Rendang Daging Minang”, dan lain sebagainya. Dari sekian banyaknya keyword turunan, pilihlah satu saja yang paling sesuai dengan topik blog yang akan Anda bahas.


3. Menganalisis Jumlah Pencarian Keyword

Cara menentukan keyword blog yang kedua adalah menganalisis jumlah keyword. Untuk menganalisis jumlah pencarian keyword, masukkan semua keyword yang sudah Anda peroleh dari UberSuggest  ke Google AdWords Keyword Planner. Di Google AdWords Anda akan mendapatkan jumlah pencarian per bulan keyword turunan yang tadi Anda masukkan.

Sebagai contoh, jika tadi long tail keyword Anda adalah “Rendang Ayam”, hasilnya  tertulis jumlah pencarian perbulan 1000, maka bukan jaminan blog Anda akan mendapatkan 1000 visitor per bulan jika menggunakan keyword yang Anda pilih tadi. Bisa lebih banyak atau lebih sedikit. Hasil dari Google Keywords Planner memang tidak 100% akurat, tetapi sedikitnya Anda bisa mendapatkan gambaran keyword Anda diminati atau tidak.

4. Menganalisis Tingkat Persaingan

Pada langkah ini, Anda dapat menganalisis seberapa banyak artikel tentang keyword yang akan Anda bahas yang sudah masuk internet. Dengan mengetahui seberapa banyak artikel pendahulu yang membahas tentang keyword Anda, disinilah Anda dituntut untuk lebih kreatif. Bagaimana artikel yang Anda bahas lebih menarik pembaca dibandingkan dengan artikel-artikel lainnya.

Jangan takut untuk berkreasi. Sajikan sesuatu yang unik dan khas diri Anda sendiri sehingga nantinya pembaca dapat mengenal tulisan Anda. Untuk menganalisis tingkat persaingan, bisa menggunakan ekstensi browser seperti SEOQuake atau Mozbar. Anda bisa menilai tingkat persaingan berdasarkan dari jumlah hasil pencarian page rank, jumlah index dan lain sebagainya.

Demikian cara menentukan keyword blog. Mudah-mudahan dapat memberikan manfaat khususnya yang sedang belajar membuat blog. Peranan keyword blog sangat penting bagi kelangsungan  blog Anda sendiri. Jadi, pilihlah dengan bijak, unik, khas Anda sendiri dan pastinya banyak peminatnya. Sehingga nantinya blog Anda akan ramai pengunjung.

Berlangganan Informasi Terbaru Secara Gratis:

0 Response to "Inilah 4 Cara Menentukan Keyword Blog untuk Blogger Pemula"

Posting Komentar