6 Cara Melaporkan Blog Copas Ke Google DMCA Agar Ditindak Lanjuti

6 Cara Melaporkan Blog Copas Ke Google DMCA Agar Ditindak Lanjuti

Cara Melaporkan Blog Copas ke DMCA- Copy paste atau yang biasa disebut copas adalah salah satu istilah yang umum digunakan oleh netizen di dunia maya. Pengertian copas sendiri adalah sebuah penjiplakan secara resmi maupun tidak resmi, yang dijiplakpun beragam, mulai dari artikel hingga aplikasi. Sebenarnya, perbuatan copy paste ini ada yang menggunakan secara baik dan ada juga yang tidak baik. Misalnya saja, Anda memiliki sebuah blog, dan ada yang mengopas artikel Anda tetapi tidak mencantumkan alamat blog Anda sebagai sumber maupun tidak ijin, itu adalah perbuatan copas yang melanggar hak cipta.

Apalagi sekarang ini banyak aplikasi maupun sistem yang dapat digunakan untuk mengopy paste blog, mulai dari isi hingga templatenya. Jika hal itu dibiarkan, akan sangat berbahaya untuk data-data Anda. Jika menemukan hal seperti itu, Anda perlu melaporkannya ke Google DMCA. DMCA adalah singkatan dari Digital Millenium Copyright Art yang merupakan program perlindungan terhadap pemilik asli konten. Apabila ada tindakan duplikat, Anda perlu melaporkan ke Google DMCA agar ditindak lanjuti oleh pihak Google.   Bagi Anda yang belum tahu cara melaporkan ke DMCA, di bawah ini adalah cara melaporkan blog copas ke DMCA.


1. Buka Google Search

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari di Google Search dengan kata kunci Google DMCA. Setelah halaman muncul, pilih judul halaman “DMCA Dashboard-Google” dan tunggu hingga terbuka Dashboard DMCAnya. Di sini, Anda harus mengklik pembuatan formulir pemberitahuan ke DMCA. Dan Anda akan menuju ke Google DMCA Notice.


2. Isi informasi kontak

Di DMCA notice, Anda harus mengisi formulir informasi kontak, Anda harus mengisi dangan data diri Anda yang asli dan lengkap sebagai bentuk tanggung jawab kepada pihak Google DMCA bahwa Anda memberikan laporan. Pada formulir ini, Anda harus mengisi beberapa data diri yaitu, nama depan, nama belakang, nama perusahaan, pemegang hak cipta, alamat email, dan negara bagian/wilayah.


3. Isi formulir karya berhak cipta

Formulir ini adalah data valid Anda yang akan diidentifikasi secara lanjut oleh pihak Google DMCA. Untuk isinya, formulir ini meliputi deskripsi dan infomasi keluhan, lokasi materi yang melanggar dan lokasi karya berhak cipta.


4. Contreng pernyataan sumpah

Pencontrengan ini dilakukan terkait dengan kejujuran data yang Anda masukkan dan telah Anda serahkan ke Tim Google DMCA. Pada dasarnya adanya sumpah ini juga karena sebagai pengonfirmasi bahwa pernyataan yang Anda buat tidak mengada-ada dan benar adanya bahwa Anda adalah pemilik hak cipta dari konten dan Anda yang memiliki hak klaim atas laporan yang Anda buat.


5. Tanda tangan

Tanda tangan ini terbagi atas dua bagian. Yang pertama adalah tanda tangan waktu laporan, sedangkan yang kedua adalah tanda tangan signature. Untuk format tanda tangan waktu, Anda tidak boleh salah dan harus memperhatikan formatnya. Sedangkan untuk tanda tangan signature, Anda bisa mengisi sesuai dengan nama depan dan belakang Anda ketika di informasi kontak.


6. Kirim formulir

Setelah semua dipastikan benar dan telah terisi, dan Anda telah yakin dengan laporan Anda kepihak DMCA, Anda bisa mencotreng kolom verifikasi kode captcha, lalu klik kirim. Setelah selesai semuanya, Anda tinggal menunggu tindak lanjut dari pihak Google DMCA.

Itulah beberapa step untuk melaporkan blog copas ke Google DMCA. Tim Google DMCA akan menyetujui laporan Anda apabila laporan yang Anda berikan terbukti benar. Setelah itu, pihak DMCA akan langsung menindak lanjuti.
Semoga bermanfaat.

Berlangganan Informasi Terbaru Secara Gratis:

0 Response to "6 Cara Melaporkan Blog Copas Ke Google DMCA Agar Ditindak Lanjuti"

Posting Komentar